TIPS BERKEMAS AGAR BAWAAN PULKAM LEBIH RINGKAS

Bagi Temand yang sedang bersiap untuk Pulkam, periksa kembali barang bawaan Kalian. Apakah sudah cukup efisien? Hindari bawaan berlebihan yang bisa membahayakan keselamatan, apalagi jika kamu berkendara sendiri. Kapasitas kendaraan tentu ada batasannya. Inilah cara berkemas agar barang bawaan tak jadi berlebihan:

1. Jangan terburu-buru
Luangkanlah waktu khusus untuk berkemas, apalagi jika kamu berencana menginap cukup lama di tempat tujuan. Dengan begitu, kamu bisa mengatur barang bawaan agar lebih efisien. Jika berkemas dalam waktu sempit, maka kamu tak punya cukup waktu untuk memilah barang berdasarkan prioritas.

Pilihlah koper atau tas yang tepat. Setelah itu, sesuaikan tas yang akan dibawa dengan isi muatannya. Jika ternyata koper tak muat, maka tak perlu membeli yang baru. kamu bisa membuat skala prioritas.

2. Buat kategori barang
Pisahkan kebutuhan menjadi tiga kategori, seperti “Barang wajib dibawa”, “Ingin dibawa”, dan “Boleh tidak dibawa”.

Pilih dan pilahlah barang berdasarkan tiga kategori ini. Cara ini akan memudahkan kamu untuk memasukkan barang ke koper, sekaligus mengakali kapasitas koper atau tas yang terbatas. Tentu saja, kamu lebih tahu mana saja barang yang penting dan tidak penting untuk dibawa. Kebutuhan setiap orang akan berbeda.

Sebagai gambaran, pilihlah pakaian berdasarkan kebutuhan. Lipat pakaian setipis mungkin dan tempatkan bersandingan dengan yang lainnya. Bawalah celana atau jins yang bisa kamu gunakan beberapa hari. Bawalah bawahan dengan warna dan model netral sehingga bisa kamu padu padankan dengan berbagai jenis dan warna atasan.

Setelah dipisahkan, periksa kembali barang kamu. Coba lihat barang pada kategori “Wajib dibawa” dan “Ingin dibawa”. kamu bisa saja membawa semuanya. Namun, pastikan ada tempat yang lebih besar untuk memasukkan barang yang lebih kecil ke dalamnya. Contohnya, masukkan kaus kaki ke dalam sepatu agar kamu bisa menghemat tempat. Selain itu, masukkan aksesori yang membuat penampilan kamu tetap gaya dalam dompet atau wadah yang ringkas dan mudah dibawa.

3. Mulailah mengisi koper atau tas dengan barang wajib
Saat memasukkan barang, mulailah dengan barang wajib dibawa. Sejumlah barang yang bisa kamu tempatkan di bagian bawah adalah sepatu, pakaian dalam, dan baju tidur.

Setelah semua barang wajib sudah masuk ke koper, jika ada ruang tersisa, masukkanlah barang yang ingin kamu bawa meski sebenarnya bukan prioritas.
4. Berkemas mulai dari bawah atau belakang
Jika kamu menggunakan ransel, maka mulailah mengisi barang dari bawah ke atas. Jangan simpan barang mudah pecah atau rentan rusak di bagian bawah. Jika menggunakan koper, maka lakukan pengisian barang dari arah belakang ke depan. Urutannya, masukkan barang berukuran besar lebih dahulu, kemudian barang berukuran sedang dan terakhir barang berukuran kecil yang tersimpan dalam posisi teratas atau terdepan.

5. Tas tambahan simpan barang yan akan sering kamu ambil, seperti dompet, ponsel, atau bahkan buku, laptop, kamera, atau music player dalam tas terpisah. Bahkan, aksesori yang ingin kamu pakai agar penampilan tetap gaya bisa kamu selipkan di tas tambahan ini. Agar tak merepotkan, ukurannya tak perlu besar, tetapi cukup untuk diisi beberapa kebutuhan yang ingin kamu bawa.

SELamat mencoba,,,semoga tips ini bermanfaat

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: